Cara Memilih Pakaian Kantor yang Tepat untuk Laki-laki

Bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan bersifat formal pasti memerlukan baju untuk menunjang kegiatan. Biasanya terdapat seragam khusus disebut sebagai pakaian kantor dengan berbagai variasi baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Tips Memilih Pakaian Kantor untuk Laki-laki

Pekerja kantoran pasti memiliki seragam khusus yang digunakan saat bekerja. Terdapat berbagai variasi dan berganti-ganti setiap satu hingga dua hari sekali. Berikut beberapa tips untuk memilih pakaian tersebut terutama bagi laki-laki:

Tentukan Jenis Kegiatan

Kegiatan di kantor sering kali bersifat formal dan dikerjakan di dalam ruangan seperti mengadakan rapat, mengerjakan laporan melalui komputer dan lain-lain. Maka dari itu, gunakan seragam berupa kemeja berlengan panjang dipadu dengan celana kain berwarna hitam.

Namun, untuk kegiatan di luar ruangan seperti misalnya survey lapangan bisa tetap menggunakan kemeja lengan panjang dengan celana kain. Sedangkan,untuk acara kantor seperti olahraga bersama gunakan kaos berbahan jersey atau katun terbaik dipadu dengan celana panjang atau seperempat.

Gunakan Warna yang Sesuai

Beberapa instansi mengharuskan menggunakan warna tertentu pada hari yang sudah ditentukan, misalnya nya memakai atasan putih serta bawahan hitam saat Senin dan Selasa. Sedangkan, selanjutnya terdapat ketentuan berbeda.

Namun, jika tidak terdapat ketentuan tertentu maka gunakan warna yang nyaman untuk digunakan agr dapat meningkatan kepercayaan diri saat bekerja misalnya biru muda, coklat dan lain-lain. Jangan memilih terlalu terang seperti kuning stabile atau merah menyala karena tidak terlalu bagus dilihat.

Kombinasikan dengan Motif Tertentu

Pemilihan seragam kantor untuk laki-laki dapat dipadukan dengan motif lain misalnya menggunakan corak batik, abstrak dan lain sebagainya. Kemudian, gunakan celana panjang berwarna hitam untuk melengkapi penampilan serta sepatu senada.

Selain itu, pemilhan motif khusus dapat dijadwalkan pada waktu tertentu sehingga dalam seminggu tidak hanya mengenakan kemeja polos saja. Bisa menggunakan batik corak tertentu misalnya asli dari wilayah tersebut sehingga dapat digunakan untuk mengangkat budaya daerah juga.

Gunakan Jas Resmi

Cahaya Konveksi

Di beberapa kegiatan sebaiknya gunakan jas untuk memberikan kesan profesional seperti saat rapat penting dengan klien atau petinggi. Lengkapi pula bersama dasi berbahan kain satin dengan motif tegas serta premium agar terlihat lebih rapi, elegan dan mewah.

Selain itu, pemilihan warna dan bentuk jas juga harus diperhatikan agar tidak terlihat salah kostum. Pilih tampilan formal seperti hitam, coklat krem, atau biru tua. Jangan lupa untuk mengaitkan kancing supaya tidak nampak bagian dalam yaitu kemeja Anda sehingga terlihat lebih profesional dan serius.

Gunakan Vest atau Blazer

Jika Anda dibebaskan dalam hal berpakaian untuk ke kantor, pastikan untuk mencoba menggunakan vest atau blazer yang dipadupadankan dengan kemeja lengan panjang. Hal ini bertujuan agar penampilan tidak terlihat monoton dan polos saja.

Jika menggunakan blazer maka Anda bisa melipat bagian lengan juga pada kemejanya agar terlihat lebih santai namun tetap menampilkan kesan formal dan mewah. Pilihlah warna gelap seperti hitam, biru tua, atau coklat dengan sedikit aksen di saku bawah.

Gunakan Celana Berbahan Kain selain Jin

Penggunaan celana jin sering tidak diperbolehkan karena dianggap tidak formal sehingga dianjurkan untuk menggunakan bahan kain atau jenis chino. Pilihlah yang nyaman dipakai serta tidak terlalu ketat agar mempermudah dalam bergerak terutama saat harus naik turun tangga.

Selain itu, gunakan warna netral seperti hitam, coklat tua atau muda, serta biru dongker. Padukan dengan kemeja atau atasan yang sesuai agar tak terlihat mencolok atau salah kostum. Untuk berjaga-jaga sebaiknya memiliki bawahan lebih dari satu supaya bisa digunakan bergantian.

Pilih Ukuran Pakaian yang Sesuai

Saat hendak membeli atau menjahitkan pakaian kantor ada baiknya Anda mengetahui ukuran badan agar tidak terlalu besar dan sebaliknya kekecilan. Hal ini juga penting untuk diperhatikan supaya nyaman saat digunakan serta saat dipandang.

Jika pakaian terlalu besar atau kecil selain mengganggu penampilan juga terkadang mempersulit dalam bergerak misalnya naik turun tangga, membawa berkas dan lain-lain. Pilihlah ukuran yang tepat yaitu tidak terlalu sempit dan longgar serta menggunakan bahan menyerap keringat supaya tak mudah berbau.

Lengkapi dengan Sepatu

Setelah atasan dan bawahan sudah sesuai, maka lengkapi dengan menggunakan sepatu khususnya berbentuk fantofel berwarna hitam atau coklat mengkilat. Pastikan untuk membersihkan secara rutin agar tidak terlihat kotor dan mudah rusak.

Selain itu, gunakan kaos kaki warna gelap untuk menghindari bau dari sepatu karena jika tercium dapat mengganggu penampilan Anda pula. Bersihkan keduanya secara berkala jika perlu miliki lebih dari satu pasang agar dapat digunakan secara bergantian.

Gunakan Dasi

Selain pemilihan warna, Anda dapat memvariasikan dengan aksesoris yang cocok untuk bekerja misalnya nya dasi dengan berbagai bahan . Bisa digunakan setiap hari baik saat ada rapat penting maupun hanya mengerjakan laporan atau tugas lain.
Anda bisa memilih dasi dengan berbagai motif maupun warna yang tidak senada dengan kemeja agar terlihat mencolok dan menarik. Selain itu, penggunaannya dapat mengatasi kepolosan seragam sehingga tidak membosankan.

Gunakan Ikat Pinggang yang Sesuai


Ikat pinggang menjadi salah satu kewajiban bagi pekerja kantoran khususnya laki-laki karena aksesoris ini terlihat secara langsung. Berfungsi untuk merapikan pakaian terutama bagian bawah agar tidak mudah keluar.

Selain itu, menggunakan ikat pinggang juga bisa untuk mempertegas tampilan Anda. Pilihlah yang berwarna gelap seperti hitam, coklat tua dan biru dongker dengan gesper berukuran dan bentuk biasa saja serta tidak terlalu berlebihan.

Gunakan Aksesoris Tambahan

Untuk menunjang penampilan Anda, bisa menggunakan aksesoris tambahan untuk laki-laki yaitu jam tangan. Selain memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu, penggunaannya juga dapat menambah kesan profesional bagi pemakai.
Pilihlah model jam tangan yang Anda sukai namun tidak berlebihan baik dalam ukuran maupun modelnya agar tak terkesan pamer saja. Selain itu, bisa pula dipadupadankan dengan warna kemeja atau jas sehingga terlihat senada.

Rapikan Pakaian Anda

Jika sudah memilih pakaian terbaik maka salah satu hal penting ialah menjaga kerapian. Sebagai pekerja kantoran sebaiknya memasukkan bagian bawah kemeja Anda dan merapikan agar tidak terlihat berantakan.
Jangan lupa untuk selalu merapikan atasan dan bawahan menggunakan setrika setelah dicuci agar tidak terlihat kusut saat digunakan. Simpan dengan cara digantung supaya tak meninggalkan bekas lipatan terutama pada bagian depan kemeja.

Memilih seragam kantor yang tepat untuk laki-laki sebenarnya lebih mudah daripada perempuan karena tidak terlalu banyak model. Namun, dapat divariasikan pada warna, motif, corak dan aksesoris tambahan lain seperti dasi atau sabuk.

Sebagai pekerja tentu saja harus memperhatikan pakaian kantor agar tetap sesuai dengan peraturan. Pemilihan seragam yang tepat tentu dapat membuat Anda nyaman bekerja sepanjang hari, maka dari itu pilihlah bahan terbaik supaya tidak mengganggu kinerja.

Tinggalkan komentar