Belajar Tinta Sablon Mulai dari Jenis, Harga dan Kualitas yang Bagus

Bisnis clothing mulai berkembang dengan pesat saat ini. Terutama salah satu bidang usaha turunan seperti kaos distro yang banyak digemari kawula muda. Maka perlu rasanya mempelajari lebih lanjut mengenai tinta sablon, jika memang ingin terjun dalam dunia tersebut agar tidak salah memilih.

Belajar Mengenal Tinta Sablon

Penggelut dunia konveksi pastinya sudah akrab dengan macam-macam tinta sablon. Umumnya jenis yang banyak beredar dan dipergunakan adalah rubber. Namun jika menurut pasaran tersedia banyak mulai merk lokal sampai barang produksi dari pembuatan pribadi ataupun suppliernya sendiri.

Peluang memperoleh pendapatan tinggi dari bisnis tersebut banyak membuat orang-orang mulai membuat merk sendiri. Maka hal tersebut memberikan dampak banyaknya tinta yang beredar. Tentunya konsumen akan semakin dibuat bingung dan ragu memutuskan secara kualitasnya.

Pemilihan kualitas tinta sablon akan berpengaruh pada hasil produksi juga. Bisa-bisa penjualan dan bisnis yang dijalankan tidak sesuai ekspektasi dan malah merugi. Pada pembahasan di bawah akan dijelaskan lebih lanjut mengenai jenis berdasarkan merk disertai harga untuk masing-masingnya.

Jenis Tinta Sablon

Dengan mengetahui detail masing-masing produk, konsumen atau orang awam pasti secara tidak langsung bisa terbantu dengan referensi di bawah ini:

Tinta EPI Screen Ink

Tinta EPI Screen Ink

Tinta sablon pertama bernama Epi Screen Ink ini dibuat oleh sebuah perusahaan. Namun produk mereka bukan hanya itu saja melainkan bermacam obat campuran untuk keperluan pencetakan distro. Selian itu kualitasnya lumayan untuk masalah harga terbilang rendah.

Selain itu, struktur yang ada dalam tinta cukup sederhana dan tidak banyak mengandung unsur karet. Hasilnya ketika proses pengadukan, kinerjanya menjadi lebih ringan. Kemudian ketika sudah tertata pada screen, jenis ini sulit untuk mengering sehingga memiliki kualitas terbaik di kelasnya.

Tinta Sablon Ant Ink

Tinta Sablon Ant Ink
Berikutnya yakni salah satu tinta sablon berjenis rubber, ini biasa diperdagangkan oleh supplier terkenal. Di antaranya seperti Charlie Sps, Surya Jaya atau Mega Sablon. Semuanya memiliki nama yang berbeda yaitu Sport Ink, Special Ink dan Fashion Ink.

Ketiganya merupakan tinta sablon terkenal dengan kualitasnya. Namun di antara masing-masing produk mempunyai ciri, karakter dan kelebihannya sendiri. Maka banyak konsumen memilih jenis berdasarkan apa yang ingin didapatkannya.

Tinta Sablon Rubber Matsui

Tinta Sablon Rubber Matsui

 

Tinta sablon yang ketiga memiliki nama Matsui dan berjenis masih sama yaitu rubber. Produk ini didapatkan dengan mengimpor dari Jepang serta menjadi idola bagi pengelut dunia distro. Hal tersebut ditunjukkan pada penggunaan untuk hampir seluruh usaha di Pulau Jawa.

Mengapa bisa demikian, tentunya pasti karena kapasitas dan kualitasnya mumpuni. Karakter yang dimiliki oleh tinta sablon Matsui cukup tipis, namun kuat sehingga menjadi tahan lama. Kemudian warnanya juga memiliki tone lumayan cerah, alhasil ketika dicuci sulit untuk luntur atau pudar.

Tinta Sablon Quaret

Tinta Sablon Quaret

Quaret merupakan produk paling legendaris sejak jaman dulu, ini merupakan pesaing dari matsui, Ant Ink juga Epi Screen telah beredar sejak lama. Namun jika berbicara kualitasnya, dapat diadu dan tak kalah bagus.

Cukup banyak konsumen atau pengusaha distro sablon di Indonesia menggunkana jenis Quaret. Selain dikenal tahan lama, mereka juga memiliki warna bagus. Selain itu, pemakaiannya pun lebih praktis jika dibanding lainnya, karena bisa langsung pakai tanpa campuran waterbase.

Rubber Furukawa

Rubber Furukawa

 

Pasti bisa langsung diketahui tinta sablon kali ini berasal dari mana, jawabannya tentu saja Jepang (hal tersebut bisa dilihat pada namanya). Bahkan, kualitasnya sudah dikenal dan digunakan oleh dunia internasional, karakternya bagus karena tipis namun menutup keseluruhan secara sempurna.

Kelebihan tersebut yang jarang dimiliki oleh kebanyakan jenis tinta. Kemudian hasil penggunaan Furukawa sendiri terlihat mengkilap dengan gradasi warna jelas. Fakta tersebut yang membuat banyak dari perusahaan atau pengusaha memilih memakainya untuk produksi secara manual.

Kualitas dan Harga dari Masing-masing Tinta

Berikutnya akan dibahas lebih lengkap secara kualitas dari masing-masing nama tinta sablon di atas. Berikut ulasannya satu persatu secara lebih rinci:

Kualitas dan Harga Epi Screen Ink

Kualitas dan Harga Epi Screen InkKualitas dari tinta sablon bernama Epi Screen Ink sendiri terbilang cukup baik. Beberapa keunggulannya bisa dijadikan patokan seperti pengadukan menjadi lebih mudah. Selain itu juga tidak cepat mengering ketika ditaruh ke screen.

Seperti diketahui hal tersebut berasal dari penggunaan unsur karet yang sedikit. Tentunya juga muncul kelemahan pada daya tahan sablon. Namun cocok jika digunakan untuk kaos produk sebagai souvenir sebab memang terkenal murah yaitu Rp. 35.000 sampai Rp 45.000 saja per kilogram.

Kualitas dan Harga Ant Ink

Kualitas dan Harga Ant Ink

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa jenis ini terbagi menjadi tiga macam. Sport Ink sendiri memiliki kelebihan pada kekuatan dari hasil sablon dan digunakan untuk baju olah raga. Berikutnya Fashion Ink dengan keunggulan berupa kenyamanan saat disentuh karena halus serta lembut.

Fashion ink sendiri banyak dipergunakan pada baju-baju kasual serta bayi. Ketiga adalah Special Ink yaitu tinta sablon khusus untuk pemakaian berdampak high discharge dan sebagainya. Kemudian harga Ant Ink memiliki nominal sama yaitu Rp. 40.000 sampai Rp. 90.000 saja per kilogramnya.

Kualitas dan Harga Matsui

ualitas dan Harga Matsui

Berikutnya akan dibahas megenai kualtas dari salah satu tinta sablon paling idaman yaitu Matsui. Secara garis besar bisa dikatakan bagus, karakter solid juga halus dapat menjadi kelebihan tersendiri. Hal tersebut merupakan faktor banyak pengusaha mengandalkan penggunaannya.

Selain itu kualitasnya sudah dipastikan teruji dilihat dari banyaknya clothing line terkenal di Indoensia memakainya. Tentu saja harganya sesuai dengan rupa yaitu lebih mahal dari lainnya. jika berminat perlu menyiapkan uang sebesar Rp 90.000 sampai Rp. 120.000 untuk satu kilogramnya.

Kualitas dan Harga Quaret

Kualitas dan Harga Quaret

Berikutnya kualitas tinta sablon legendaris Quaret. Secara umum dilihat dari banyaknya pengguna maka bisa dibilang lebih bagus lagi. Salah satu alasannya karena sisi praktis yang ditonjolkan, dimana pada jenis lainnya tidak ada.

Pertama penggunaan tinta tanpa harus dicampurkan dengan waterbase. Selain itu ada juga yang sudah dipadukan menggunakan warna masing-masing seperti merah, kuning dan lain-lain. Quaret sendiri bisa didapatkan dengan harga antara Rp. 60.000 sampai Rp. 80.000 per satu kilogram.

Kualitas dan Harga Furukawa

Kualitas dan Harga Furukawa

Terakhir adalah tinta sablon dengan nama Furukawa dari negeri sakura Jepang. Mereka banyak disukai clothing line karena kualitas hasil jadinya yaitu berkarakter tipis. Namun terdapat satu hal minor yaitu kurangnya warna karena hanya ada dua macam.

Pertama ada white lalu kedua adalah rubber clear. Penggunaan dari dua macam nama tersebut juga sesuai karakter masing masing satu untuk dasar dan upper atau penegas warna terang. Harga yang harus dibayarkan adalah Rp.60.000 sampai Rp 80.000 per satu kilogram.

Mengenal tinta sablon penting untuk dilakukan bukan hanya sebagai orang yang hendak terjun kedunia tersebut, namun juga sebagai awam agar mampu menilai kualitas produk distro pasaran.

Tinggalkan komentar